رَبِّ اغْفِرْ لِي وَهَبْ لِي مُلْكًا لا يَنْبَغِي لأحَدٍ مِنْ بَعْدِي إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ


"Ya Rabb-ku, ampunilah aku, dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan, yang tidak dimiliki oleh seorangpun juga sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha pemberi’."

Jumat, 30 September 2016

PERKATAAN PUN BISA MENJADI SEDEKAH

4vector.com

DI antara bentuk sedekah aggota badan adalah ucapan yang baik. Allah telah menjadikan ucapan lembut dan baik sebagai kualifikasi turunnya rahmat Allah. 



Tidak ada kata yang pantas/baik dalam al-Quran kecuali untuk menyebutkan perbuatan ini. Lalu Allah menjadikannya sebagai sifat dalam ucapan. Allah berfirman :


وَإِمَّا تُعْرِضَنَّ عَنْهُمُ ابْتِغَاءَ رَحْمَةٍ مِنْ رَبِّكَ تَرْجُوهَا فَقُلْ لَهُمْ قَوْلا مَيْسُورًا
"Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang kamu harapkan maka katakanlah kepada mereka ucapan yang pantas.”
(QS. Al-Isra : 28)

Kita tidak hanya diperintahkan untuk berkata baik kepada sesame Muslim, bahkan sewaktu kita menyampaikan kebenaran (berdakwah) kepada orang-orang kafir pun kita diperintahkan menggunakan kata-kata yang baik. Inilah yang pernah diperintahkan oleh Allah kepada Musa dan Harun agar berkata kepada Firaun dengan perkataan yang pantas dan baik :


اذْهَبَا إِلَى فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَى
فَقُولا لَهُ قَوْلا لَيِّنًا لَعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَى

"Pergilah kamu berdua kepada Fir‘aun, sesungguhnya dia telah melampaui batas, maka berbicaralah kamu berdua kepadanya, dengan kata-kata yang lemah lembut, mudah-mudahan ia ingat atau takut (pada Allah)’." -
(QS.20:43-44)

dilakukan dalam rangka dakwah keapda Allah dan menyampaikan kebenaran, tidak untuk menjilat atau mencari muka.
Perkataan yang baik akan menggerakkan manusia, sementara perkataan yang buruk akan menghentikannya. Betapa banyaknya ucapan baik yang menyebabkan orang masuk surga! Sebaliknya, betapa banyaknya juga ucapan buruk yang menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka. Maka, jadikanlah perkataanmu sebagai sedekah sehingga mengantarkanmu ke surga.

ISLAMPOS